Undangan Menulis Esai Berbahasa Bali Jilid 2

Udangan essay 2

Undangan Nyurat Essay Mabasa Bali

Undangan Menulis Essay Berbahasa Bali

Call for Balinese Essay

 

KAPAT (KARTIKA AMRETA MASA)

Bulan yang memberikan anugerah kehidupan yang membahagiakan

(Manuskrip (sastra; buku-buku, lontar), kesenian, ritus, upacara dna ritual)

 

Sasih kapat atau bulan ke-empat dalam kalener Bali menjadi bulan yang istimewa bagi masyarakat Bali. Masyarakat Bali biasanya menyebut bulan yang jatuh sekitar bulan Oktober ini sebagai Kartika Masa. Kartika yaitu bulan penuh keindahan (kalangwan) yang dihiasai riris (hujan gerimis), dan suara guntur yang lemah dari kejauhan. Selain itu, pada bulan ini bunga-bunga bermekaran, sehingga bau harum semerbak saat diterbangakan oleh angin dan meliputi alam.

Sementara itu, keistimewaan sasih kapat juga mendapatkan perhatian khusus bagi para penyair (para kawi) sebagai pendamba keindahan. Kartika merupakan bulan yang dapat membangkitkan kreativitas dan imajinasi para pengarang. Untuk itu, seringkali bulan ini dipilih untuk menulis dan atau menyelesaikan penulisan karya kreatif. Selain itu, pada bulan yang indah ini berbagai upacara keagamaan di gelar untuk menyiratkan kegembiraan dan kebahagaiaan hidup. Selain upacara piodalan di pura-pura, penyatuan purusa dan pradhana dalam ikatan pernikahan seringkali dialksanakan pada bulan ini. Namun, bagaimana menikmati keindahan, merawat kegembiraan dan kebahagian hidup di tengah-tengah suasana pandemi yang tak kunjung berhenti ini?

Dalam rangka merawat kreativitas dan imajinasi pada sasih Kapat ini yang terdapat dalam manuskrip (sastra; buku-buku, lontar), kegiatan kesenian, gelaran ritus, upacara serta ritual, BASAbali Wiki bermaksud mempublikasikan tulisan-tulisan singkat mengenai Kartika Masa dari berbagai sudut pandang lintas disiplin, dengan tema: Kartika Amreta Masa: Bulan yang memberikan anugerah kehidupan yang membahagiakan. Materi tulisan-tulisan akan dihimpun dan diarsipkan dalam Perpustakaan Virtual BASAbali Wiki, yaitu pada rak Gatra Milenial atau Suara Pemuda Pemudi Indonesia dan selanjutnya akan dipublikasikan diberbagai media sosial yang dimiliki oleh BASAbali Wiki.

 

Kegiatan ini mengundang secara luas para penikmat penulis, pengamat, penggiat, praktisi, pendidik, dan pemerhati sastra dan budaya, untuk menuangkan pemikirannya mengenai Kartika Masa dalam tulisan atau essay berbahasa Bali.

 

 

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Tulisan menggunakan bahasa Bali (Andap/Alus)
  2. Panjang tulisan minimal 300 kata (1,5 halaman), tidak mengandung unsur SARA, Pornografi dan Kampanye Pemilu.
  3. Penulis tidak dikenakan biaya apapun
  4. Pengiriman naskah dengan cara:
  • Masuk ke website BASAbali Wiki (dictionary.basabali.org)
  • Masuk ke akun (login; untuk yang sudah memiliki akun, dan sign up: untuk yang belum memiliki akun)
  • Masuk ke Perpustakaan Virtual
  • Pilih rak Suara Pemuda Pemudi Indonesia
  • Klik [buat] pada sudut kiri bawah
  • Lengkapi kolom: Judul, foto (jepretan pribadi atau search di google), sumber foto (nama pemilik foto/ link foto yang diambil), tulisan (di kolom bahasa Bali), penulis, subjek (diisi: Peringatan Puputan Badung), video (yang berhubungan dan dapat dicari di youtube atau unggah video yang dibuat sendiri), sumber video (nama pemilik video/ link video yang diambil), referensi (jika ada)
  • simpan halaman
  1. Pengiriman tulisan paling lambat tanggal 29 Oktober 2020
  2. Para penulis akan diapresiasi dengan e-sertifikat dari Yayasan BASAbali Wiki serta tulisan akan diungah di berbagai media sosial BASAbali Wiki (nb: sesuai jadwal yang ditentukan)
  3. Setelah tulisan diunggah, harap menghubungi salah satu narahubung berikut:
  • Candrika (081916478378)
  • Windhu (0895365930343)
  • Ayu Suaningsih (085333036844)